Cara agar blog muncul di mesin pencari google


Assalamu'alaikum warahmatullah

bismillah..
hari ini alhamdulillah saya merasa sangat senang karena blog saya terindeks atau muncul di mesin pencari google. pasalnya setelah beberapa minggu sebelumnya saya sangat kecewa dengan beberapa tutorial yang bertebaran di internet mengenai cara agar blog kita muncul di mesin pencarian google, siapa sih yang nggak ingin blognya bisa muncul di pencarian google, pasti semua orang mau termasuk kamu, hehe. betapa tidak ? karena google merupakan mesin pencarian yang paling populer saat ini, sehingga kebanyakan orang berharap dari sekian juta pengguna internet yang serching artikel di internet melalui google setidaknya beberapa ratus bisa membuka postingan yang mereka buat, yang akhirnya postingan artikel mereka dapat bermanfaat untuk orang lain.
Baiklah saya nggak terlalu ingin banyak cerita disini, walaupun saya seneng bercerita. tapi masalahnya blog ini saya buat bukan untuk blog cerpen atau cerpan hehe. kembali lagi ke pengalman saya beberapa minggu yang lalu, karena telah beberapa tutorial saya ikuti hingga selesai dan setelah itu saya coba cari di google alamat blog saya ternyata masih belum muncul juga, mulai saat itulah pikiran saya terasa galau :D akhirnya saya coba saja sendiri dengan memahami setiap tools yang ada di Google Search Console. setelah beberapa kali mencoba akhirnya sayapun menemukan cara yang berhasil agar blog kita dapat terindeks di mesin pencarian google. jadi beruntunglah kamu yang udah sesat di blog ini karena allahsudah takdirkan agar blog mu bisa di cari lewat mesin pencarian google hehe.
okay langsung saja berikut caranya :
  1. Cara ini sama dengan cara yang lain yang kamu temuin di blog lain yaitu buka link ini https://www.google.com/webmasters/tools kemudian jika belum login ke akun gmail kamu yang sudah ada blognya silahkan login terlebih dahulu. jika sudah maka tampilan kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
  2.  Selanjutnya masukkan alamat blog mu di situ, kemudian klik tambah properti.
  3. selanjutkan akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
  4. dari gambar di atas pilih metode alternatif yang ada di bagian atas lalu pilih tag html seperti gambar dibawah ini,
  5. copy atau salin coding yang di tampilkan di bawahnya, kemudian buka tab baru tanpa menutup tab google console, karena kamu belum memverifikasinya, ingat!!! jangan tekan dulu verifikasinya.
  6. buka tab baru, kemudian masuk ke blogger kamu. di menu yang kiri pilih tema, lau pilih edit html. lihat gambar di bawah ini.
  7. kemudian pastekanlah coding yang kamu salin tadi ke kode html di bagian bawah <head>, lalu simpan tema. lihat gambar dibawah ini.
  8. lalu kamu buka kembali tab google console tadi tan tekan verifikasi. maka akn muncul tampilan seperti dibawah ini, pilih lanjutkan.
  9. maka muncullah tampilan seperti dibaah ini.
  10. dari tampilan di atas pilih >perayapan, lalu di bawahnya pilih >ambil sebagai google. lihat gambar di bawah ini.
  11. dari halaman tersebut langsung saja klik >ambil dan rander dengan tetap membiarkan kotak link di atasnya kosong. maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, kemudian klik saja > minta pengindeksan. lihat gambar.
  12. maka akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini, ikuti petunjuk gambarnya lalu pilih > kirim.
  13. jika berhasil maka tampilannya akan berubah seperti gambar merah dibawah ini.
  14. kemudian ikuti seperti gambar dibawah ini.
  15. sampai di sini insyaallah blog anda sudah terdaftar di mesin pencarian google.
  16. wassalam..

Komentar